HKm Mart Minimarketnya Rimbawan

3
1427

Ternyata tidak cuma Alf*mart atau Ind*maret yang bisa membuat konsep berbelanja yang nyaman. Rimbawan di Lampung pun tidak kalah inovatif. Di Provinsi Lampung tersedia toko/outlet Hutan Kemasyarakatan (HKm Mart yang menjual produk hasil hutan bukan kayu (HHBK).

HKm Mart lahir dari sebuah ide untuk mengatasi masalah pemasaran yang banyak dikeluhkan oleh para petani yang telah melegalisasi areal pengolahannya melalui Kelompok Hutan Kemasyarakatan. Masalah pemasaran itu antara lain margin harga dari petani sampai ke konsumen terakhir terlalu besar serta produk yang kurang mempunyai daya saing karena faktor kualitas dan kemasan.

Dengan hadirnya HKm Mart diharapkan dapat menekan margin harga, karena produk yang dijual di HKm Mart adalah “langsung dari petani“, sehingga harga dari petani sampai ke konsumen akhir tidak terlalu berbeda jauh. Diharapkan dengan adanya HKm Mart, petani mendapatkan harga yang pantas dan konsumen mendapatkan harga yang lebih murah. Dengan begitu diharapkan petani semakin sejahtera, masyarakat mendapatkan produk hasil hutan lebih terjangkau dan semakin lestari tidak sekedar mimpi.

HKm Mart yang terletak di adalah Jalan Urip Sumoharjo No. 20 kelurahan surabaya kecamatan kedaton Bandar Lampung (tlp 0813-6932-6432) ini menjual produk-produk seperti:

  • Madu lebah hutan
  • Madu Lebah Budidaya
  • Gula Aren
  • Kopi
  • Minyak Gaharu
  • Air Destilasi Gaharu
  • dan lain-lain

HKm Mart juga telah ikut menyemarakkan pada pameran Festival Rakyat Pesona (Perhutanan Sosial Nusantara) di gedung Manggala Wanabhakti. Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal KemenLHK menyampaikan akan memfasilitasi agar mini market HKm_Mart juga hadir di Manggala Wanabhakti.

Info lebih lengkap kunjungi facebook HKmmart.

Penulis: Heru
Editor: Beni

3 KOMENTAR

  1. Saya mendukung HKm mart yg telah berproses begitu lama… Maka sudah saatnya menjadi penggerak ekonomi petani hutan

    Salam

    Faridh Almuhayat Uhib Hamdani
    Dir. Eksekutif Garsi 2010-2015
    Dir. Eksekutif MAP Institute, Bogor

  2. trimaksih tim rimbawan telah berkenan mengekspose HKm mart lampung, semga menjadi pembangun rasa diantara sesama keluarga besar rimbawan….slam sukses rimbawan lampung.

    • Silahkan cek web HKM mart (www.hkmmart.com), produk-produknya sudah lengkap. Terima kasih anda telah berbelanja di HKm mart, dengan begitu secara tidak langsung anda telah membantu kesejahteraan petani hutan khususnya petani hutan lampung.

Tinggalkan Balasan